Langsung ke konten utama

Cara Mengajari Anak Mengenal Abjad Alfabet

Mulailah menulis huruf pertama dari alfabet dalam huruf besar dan huruf kecil dalam ukuran yang besar. Tulislah dibalik kertas bekas atau kertas yang tidak terpakai lagi.Misalnya, “A a”. kemudian B diikuti menulis b. Ini bertujuan agar anak mengetahui bentuk huruf.
Perlihatkan Huruf tersebut kepada anak anda, dan kemudian perdengarkanlah bunyi huruf tersebut kepada mereka. Belajar mengenali bunyi huruf akan membantu anak-anak prasekolah menyimpannya ke memori otak sebelum mereka mulai menulis.
Memainkan permainan asosiasi atau persamaan untuk membantu anak-anak prasekolah menghafal abjad alfabet. Misalnya, “singkatan dari A adalah apel.”
Untuk mengajarinya menulis bentuk huruf, gambarlah huruf dengan garis putus-putus pada sebuah kertas. Kita sebut kertas berpola. Mintalah siswa untuk melacak dan menggarisnya dengan menggunakan spidol atau crayon sampai membentuk huruf yang dimaksud. Biarkan mereka melacak huruf dan abjad alfabet satu per satu, sehingga mereka merasa nyaman dengan bentuk setiap huruf itu.
Singkirkan kertas berpola dan berikian kertas kosong. Mintalah anak untuk mencoba menulis abjad sendiri. Gunakan pensil atau spidol warna-warni yang memungkinkan mereka menggambar huruf dengan bentuk secantik mungkin. Anak akan bersemangat untuk berlatih menulis alfabet jika mereka menganggapnya sebagai kegiatan yang menyenangkan.
Ingatkan anak-anak akan kata-kata asosiasi ketika mereka lupa akan huruf berikut pada kata yang ingin ditulis. Misalnya, “Huruf yang akan kakak tulis adalah “Bebek” untuk mengingatkan mereka tentang huruf “B.”
Praktek.
Mendorong anak-anak untuk terus berlatih menulis huruf dengan menelusuri atau mewarnai sendiri sesuai kebutuhan. Biarkan mereka tahu bahwa dibutuhkan waktu untuk mempelajari seluruh alfabet, dan memberitahu mereka seberapa baik yang mereka lakukan untuk memotivasi mereka untuk terus berlatih dengan baik.
Baca bersama-sama sesering mungkin. Misalkan membaca dongeng dan cerita anak. Membaca akan memungkinkan anak-anak prasekolah untuk melihat alfabet tertulis dan mulai memahami bagaimana menghubungkan huruf untuk membentuk kata-kata. Membaca akan membantu siswa belajar menulis alfabet lebih cepat dengan melihat bentuk huruf sesring mungkin.
Mencetak atau printlah bahan ajar yang menarik anak, seperti flashcards ABC atau poster berisikan bentuk huruf, lalu tempelkan di kamar anak. ini untuk membantu menanamkan di memori anak dengan selalu melihatnya setiap saat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Tentang Pengamen Jalanan

BAB I PENDAHULUAN             Sebelum terlalu jauh menjabarkan tentang Kehidupan anak jalanan kami ingin memberitahukan tentang latar belakang,tujuan pembuatan makalah, dan sistematika. Agar pembaca tahu tujuan dibuatnya makalah ini. Kami hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan, untuk itu jika ada kesalahan kata dari pengetikan makalah ini mohon di maklum. 1.1   Latar Belakang Salah satu permasalahan sosial yang ada di Indonesia yaitu semakin meningkatnya jumlah masyarakat miskin di negara ini. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya jumlah pengemis atau pengamen jalanan, terutama di ibukota Jakarta. Pengamen jalanan timbul akibat adanya kemiskinan dan kesenjangan pendapatan di kota ini. Sesuai dengan tema yang telah ditentukan dari dosen, tim kami mendapat topik ”Kehidupan Anak Jalanan.” Dalam menjalankan observasi dan wawancara untuk makalah ini, kami memilih untuk berfokus pada pengamen jalana...

Habibie dan Ainun | Perjalanan Hidup Dua Insan Penuh Cinta

Lima puluh tahun yang lalu tidak ada yang menyangka atau terpikirkan bahwa anak kecil yang berusia 8 tahun dan pukul 10 malam sedang membaca Alquran di rumah bugis dari kayu dan bambu dipinggir hutan tempat pengungsian orang tuanya bersama beberapa keluarga. 50 tahun kemudian anak kecil itu mendapat penghargaan tertinggi   International Civil Aviation Organization (ICAO) dan Theodor von Karman Award dari International Council of the Aeronautical Sciences (ICAS) sebagai orang paling berjasa di dunia penerbangan. Setelah menuntut ilmu dan berkarya di negeri orang, ia terpanggil pulang ke Indonesia untuk memberikan sumbangsih nyata kepada negri ia begitu ia cintai. Melalui perusahaan IPTN yang sekarang menjadi PT Dirgantara Indonesia yang ia rintis dan bangun dari awal. Hasilnya mulai dari NC-212, CN-235, helikopter NBO-105, SA.330 Puma dan AS.332 Super Puma bahkan pesawat N-250 Gatotkoco sebagai pesawat tercanggih dikelasnya berhasil dibuat oleh putra-putri bangsa Indonesia denga...

Bab III " Bimbingan Dan Konseling 2 "

BAB III PENUTUP A.     KESIMPULAN 1. Bimbingan dan konseling merupakan suatu kegiatan yan terintegrasi dalam keseluruhan proses belajar megajar. Bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu atau kelompok agar mereka dapat mandiri, melalui bahan, interaksi, nasehat, gagasan ,alat dan asuhan yang di dasarkan atas norma atau nilai-nilai yang berlaku. Sedangkan konseling sebagai suatu usaha memperoleh konsep diri pada individu siswa. 2. Asas-asas bimbingan dan konseling merupakan subuah dasar yang dijadikan pedoman dalam melaksanakan pelayanan/ kegiatan bimbingan dan konseling. Menurut Prayitno ada dua belas asas yang mendasari layanan dan kegiatan bimbingan dan konseling, asas-asas tersebut sesuai dengan apa yang sudah dikemukakan di atas. Kedua belas asas bimbingan dan konseling tersebut pada dasarnya menegaskan bahwa para konselor merupakan para ahli yang memiliki kemampuan untuk membimbing konselinya, baik secara ikhlas maupun profesional sehingga me...