Semua makhluk tidak ada yang sempurna di ciptakan oleh sang kholiq....walau begitu kita harus berusaha menjadi yang terbaik di Sisi-Nya.......................................................................................................................................

Jumat, 10 April 2015

Bab I " Bimbingan Konseling 2 "

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
        Bimbingan dan konseling merupakan suatu kegiatan yan terintegrasi dalam keseluruhan proses belajar megajar. [1]Bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu atau kelompok agar mereka dapat mandiri, melalui bahan, interaksi, nasehat, gagasan ,alat dan asuhan yang di dasarkan atas norma atau nilai-nilai yang berlaku. Sedangkan konseling sebagai suatu usaha memperoleh konsep diri pada individu siswa.
       Sebagai individu, siswa memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan kenyataan yang dihadapi, tidak semua siswa menyadari potensi yang dimiliki untuk kemudian memahami dan mengembangkannya. Disisi lain sebagai individu  yang berinteraksi dengan lingkungan, siswa juga tidak dapat lepas dari masalah.
       Menyadari hal di atas siswa perlu bantuan dan bimbingan orang lain   agar dapat bertindak dengan tepat sesuai dengan potensi yang ada pada dirinya serta siswa mengetahui prinsip- prinsip ,azas dan orientasi peranan bimbingan konseling.
         Sekolah sebagai institusi pendidikan tidak hanya berfungsi memberikan pengetahuan tetapi juga mengembangkan keseluruhan kepribadian anak .Sebagai professional guru memegang peran penting dalam membantu murid mengembangkan keseluruhan aspek kepribadian dan lingkungannya.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang termasuk prinsip-prinsip operasional bimbingan konseling ?
2.      Apa saja azas- azas bimbingan konseling ?
3.      Apa saja orientasi layanan bimbingan konseling ?
  


C.    Tujuan Penulisan
        Sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam latar belakang dan rumusan masalah diatas, maka tujuan makalah ini disusun adalah
1.      Memenuhi tugas mata kuliah Profesi Kependidikan
2.      Memberikan pengetahuan dan  pemahaman bagaimana prinsip-prinsip operasional bimbingan konseling
3.      Mengetahui azas- azas bimbingan konseling
4.       Mengetahui orientasi layanan bimbingan konseling




[1]David Sigalingging, Profesi Pendidikan, ebook , padang : 2011, Hal 18

Tidak ada komentar: